Translate

Rabu, 19 Juni 2013

Pengenalan Komponen Pada Motherboard

Pengenalan Komponen Pada Motherboard

Komponen Motherboard
Apa kabar Teman-teman, mudah-mudahan pada sehat ya. Tiara-PC Update lagi dengan judul Pengenalan Komponen Pada Motherboard. Banyak komponen yang tertanam pada kepingan Motherboard, Tiara coba mengulas secara garis besar nya saja ya.

Pada artikel terdahulu sudah diterangkan bahwa Motherboard adalah merupakan papan sirkuit utama dari komputer (personal computer).

Motherboard memiliki komponen utama berupa

1. Chipset
Komponen yang yang satu ini kebanyakan terdiri atas dua buah chip, north bridge dan south bridge. Fungsi utama chipset adalah mengatur aliran data antarkomponen yang terpasang pada motherboard. Dua buah chipset yang biasanya ada pada motherboard sendiri punya tugas yang berbeda satu dengan yang lain.
North bridge berfungsi untuk mengatur aliran data dari dan ke prosesor, bus AGP, dan memori utama sistem. Sementara, south bridge mengatur aliran data dari peranti input output, bus PCI, interface harddisk, dan floppy, serta peranti eksternal lainnya. 
Berhubung chip north bridge lebih vital kerjanya dibanding south bridge, tak heran jika chip inilah yang dipasangi heatsink, fan, ataupun kombinasi heatsink dan fan oleh pabrik pembuatnya.

Pengenalan Motherboard

2. Accelerated Graphics Port (AGP)
Fungsinya menyalurkan data dari kartu grafis ke CPU tanpa harus melalui memori utama, dengan demikian proses pengolahan data untuk grafis dapat lebih dipercepat. 
Kelebihan lain AGP ini adalah kemampuannya untuk mengeksekusi texture maps secara langsung dari memori utama. Beberapa motherboard terbaru sudah menyertakan slot VGA PCI-e yang nota bene lebih baik kinerjanya dari Slot VGA AGP.

3. Soket Memori (Ram)
Soket ini merupakan tempat untuk menempatkan Memori pada motherboard. Soket memori memiliki bentuk yang berbeda untuk jenis memori yang berbeda pula. Kebanyakan motherboard memiliki slot sebanyak 2 atau 4 buah.

4. Soket Prosesor
Tempat untuk menempatkan Prosesor. Kalau jaman dahulu, masih ada pilihan lain selain sistem soket yaitu sistem slot. (berlaku untuk Pentium 2 dan sebagian Generasi Pentium 3).

5. Complementary Metal Oxide Semiconductor (CMOS)
Dari bentuknya sudah kelihatan, ia merupakan komponen berbentuk IC (integrated circuit) Yang fungsinya menampung setting BIOS dan dapat tetap menyimpan setting-annya selama baterai penyuplay dayanya masih bagus.

6. Port Peranti Eksternal (serial, paralel, audio, USB)
Biasanya berada di posisi belakang motherboard. Fungsinya adalah sebagai sarana untuk memberi masukan (input) dan keluaran (output) pada sistem komputer. Motherboard generasi sekarang ini sudah menyertakan Komponen utamanya berupa Port USB buat “berhubungan” dengan peripheral lain seperti printer, scanner, kamera digital, dan periferal lain yang berbasis USB. 
Selain port USB, terkadang pada beberapa motherboard disertakan pula port Ethernet untuk masuk ke dalam jaringan komputer (sering kita menyebutnya Lancard).

7. Soket Catu Daya (Power Supply)
Fungsinya untuk menyuplai tenaga Utama dari Power Supplay kepada motherboard dan semua komponen yang tersambung pada motherboard.

8. Konektor Casing
Berfungsi untuk menyambungkan tombol/ saklar dan indicator pada casing ke motherboard. Pada motherboard yang berbasis Pentium 4, disertakan pula sebuah port konektor tambahan sebesar 12 volt agar prosesor bisa bekerja.

9. Konektor IDE & Floppy
Pasti Teman-teman Tiara sudah pada tahu apa fungsinya, yaitu merupakan interface yang menyambungkan harddisk dan floppy disk ke motherboard. Sekarang ini sepertinya sudah banyak motherboard meninggalkan port untuk floppy disk ini. 
Saat ini interface harddisk pada motherboard yang banyak digunakan adalah IDE Ultra ATA/100  dan Sata port. Menurut pantauan Tiara Motherboard sekarang sudah mengutamakan port untuk HDD SATA sebagai interface HDD nya. Satu yang tak kalah penting dalam menentukan motherboard adalah Dimensinya.

Segitu dulu yah teman-teman tentang Pengenalan Komponen Pada Motherboard kalau ada yang kurang boleh tuh di tambahin di kolom Comment nya. Nanti Tiara Update.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar